THE
SIMPLE PAST TENSE
A.
Kegunaan
1)
Untuk
menyatakan kegiatan yang terjadi dimasa lampau (biasanya digunakan untuk
bercerita)
Contoh:
Sentences
|
Meaning
|
She ate breakfast in the canteen yesterday
|
Dia sarapan di kanten kemarin
|
They prayed
in Darussalam mosque yesterday
|
Mereka sholat
di Masjid Darussalam kemarin
|
They read
holy Qur’an in Darussalam mosque last night
|
Mereka
membaca Al-Qur’an di Masjid Darussalam kemarin malam
|
2)
Digunakan
dalam Conditional sentence type 2
Sentence
|
Meaning
|
If you
studied, you would pass the test yesterday
|
Jika kamu
belajar, kamu akan berhasil dalam tes kemaren
|
If you
waited for her, you could meet her yesterday
|
Jika kamu
menunggunya, kamu bisa menemuinya kemaren
|
3)
Menjadi
kalimat penyela terhadap sesuatu yang sedang berlangsung di masa lampau (Past
continuous tense)
Sentence
|
Meaning
|
Ani came into
the class when the lecturer was teaching
yesterday
|
Ani masuk
kelas ketika dosen sedang mengajar kemarin
|
I looked at
you and Ahmad that you and he were sitting in
the park yesterday
|
Saya lihat
kamu dan Ahmad kalau kamu dan dia duduk di taman kemarin
|
4)
Untuk
menerangkan pekerjaan yang terjadi pada
masa lalu setelah kejadian lainnya selesai (Urutan kejadian)
Sentence
|
Meaning
|
I had already
gone out from that building before the bomb blew up two hours ago
|
Saya telah
keluar dari gedung itu sebelum bomnnya meledak dua jam yang lalu.
|
She had
studied hard before she joined TOEFL test yesterday
|
Dia telah
belajar dengan sungguh-sungguh sebelum dia mengikuti ujian TOEFL kemarin
|
B.
Pola
Kalimat (Jika anda tidak suka belajar dengan formula silahkan klik disini)
Verbal
|
(+) S + V2 + O
(-) S + did +
not + V1 + O
(?) Did + S +
V1 + O
|
Dia belajar
bahasa Inggris kemarin
She studied
English yesterday
Dia tidak
belajar bahasa Inggris
She did not
study English
Apakah dia
belajar bahasa Inggris?
Did she study
English?
|
Nominal
|
(+) S + (was/were) + ANA
(-) S +
(were/was) + not + ANA
(?) (Was/were)
+ S + ANA
|
Kamu seorang guru tahun lalu
You were a teacher last year
|
Kamu bukan seorang guru tahun lalu
You were not a teacher last year
|
||
Apakah kamu seorang guru tahun lalu?
Were you a teacher last year?
|
ANA adalah Complement yang terdiri dari A: Adjective
(kata sifat), N: Noun (kata benda) dan A: Adverb
(kata keterangan)
C.
Auxiliary
Verb
a.
Kalimat
Verbal
1.
Did
untuk semua subyek; I, You, They, we,
She, He, It, and Ani
b.
Kalimat
Nominal
1.
Was
digunakan untuk subyek I, She, He, it, dan Ani
2.
Were
digunakan untuk subyek: They, We, dan You
Untuk mempermudah menghafalkan Auxiliary verb simple Past anda bisa
menggunakan lagu dibawah ini:
Indung Indung kepala lindung
Hujan di udik disini mendung
I you they we did
She he it ani did
They we you were
She he it ani I was
D.
Question
Words / Kata Tanya pada Simple Past Kalimat Verbal
1.
Menanyakan
Subject
QW + V2+ O?
|
2.
Menyakan
selain Subject
QW + Did + S
+ V1 +……..?
|
Contoh:
Rani mengirimkan surat kepadaku sebulan yang lalu
Rani sent me a letter a month ago
1.
Siapa
yang mengirimkan sebuah surat sebulan yang lalu?
Who sent me a letter a month ago?
2.
Apa
yang Rani lakukan sebulan yang lalu?
What did Rani do a month ago?
3.
Apa
yang Rani kirim sebulan yang lalu?
What did Rani send to me a month ago?
4.
Kapan
Rani mengirimkan sebuah surat?
When did Rani send me a letter?
E.
Question
Words / Kata Tanya pada Simple Past Kalimat Nominal
1.
Menanyakan
Subyek
QW + was +
…….?
|
Examples:
a.
Siapa
dia yang seorang mahasiswa tahun lalu?
Who was a university student last
year?
b.
Bapaknya
siapa yang seorang polisi itu di kota Palangka Raya?
Whose father was a policeman in
Palangka Raya city?
2.
Menyakan
Subyek selain Subyek
QW + were
/was + S + ……?
|
Contoh:
Amira adalah seorang
seketaris di kantor tahun lalu
Amira was a secretary in the office last year?
a.
Kapan
Amira menjadi seketaris di kantor?
When was a secretary in the office?
b.
Dimana
Amira menjadi sekretaris tahun lalu?
Where was Amira a secretary last
year?
c.
Kerja
apa Amira di kantor tahun lalu?
What was Amira in the office last
year?
F.
Keterangan
Waktu pada Simple Past
Yesterday : Kemarin
Yesterday ……….
Yesterday Morning : Kemarin Pagi
Last ……….
Last night : Tadi malam Last
week : Minggu lalu
Last year : Tahun lalu Last
month : Bulan lalu
Last Saturday : Sabtu lalu Last
June : Bulan juni lalu
………..ago
An hour ago : sejam yang lalu Two
days ago :Dua hari lalu
Two weeks ago : Dua minggu lalu Three
years ago : Tiga tahun lalu
The day before yesterday : kemarin lusa
Just now : Baru saja
This morning :
Tadi pagi
CATATAN
1.
Untuk
kalimat negative dan Introgative menggunakan kata bantu “did” untuk semua
subyek.
2.
Kata
kerjanya kembali ke bentuk awal Vi atau Infinitive verb jika kalimatnya
negative dan interrogative
3.
Perubahan
Verb-1 menjadi V-II bisa dibentuk melalui dua cara yakni:
a.
Regular
Verb
1.
Jika
Verb-1 berakhiran “e” maka “e” dihilangkan kemudian ditambahkan “ed” contoh:
Close - Closed :
Menutup
Agree - Agreed :
Setuju
Die -
Died : Mati
Hate -
Hated : Membenci
Invite -Invited :
Mengundang
2.
Jika
Verb1 berakhiran “y” dan didahului huruf vocal, maka cara pembentukannya
langsung menambahkan “ed”
Contoh:
Obey -
Obeyed : Mematuhi
Play -
Played : Bermain
Betray - Betrayed : Mengkhianati
Delay - Delayed :
Menunda
Enjoy - Enjoyed :
Menikmati
3.
Jika
Verb 1 berakhiran “y” dan didahului huruf konsonan maka cara pembentukannya “y”
dirubah menjadi “I” setelah itu baru ditambahkan “ed”
Contoh:
Copy -Copied
: Menyalin
Cry -Cried : Menangis
Dry -Dried : Menjemur
Try -
Tried : Mencoba
Study -Studied :
Belajar
4.
Jika
Verb 1 berakhiran konsonan yang didahului vocal tapi terdiri dari satu suku
kata maka cara pembentukkanya dengan menggandakan huruf konsonan setelah itu
baru ditambahkan “ed”
Contoh:
Beg -Begged : Meminta
Clap -Clapped : Bertepuk tangan
Stop -Stopped : Menghentikan
Plan -Planned : Merencanakan
Rub -
Rubbed : Menggosok
b.
Irregular
Verb
Untuk pembentukan irregular verb
harus anda hafalkan. Anda bisa melihat di halaman belakang tentang list of
Irregular verb
The effectiveness of IEEE Project Domains depends very much on the situation in which they are applied. In order to further improve IEEE Final Year Project Domains practices we need to explicitly describe and utilise our knowledge about software domains of software engineering Final Year Project Domains for CSE technologies. This paper suggests a modelling formalism for supporting systematic reuse of software engineering technologies during planning of software projects and improvement programmes in Project Centers in Chennai for CSE.
ReplyDeleteSoftware management seeks for decision support to identify technologies like JavaScript that meet best the goals and characteristics of a software project or improvement programme. JavaScript Training in Chennai Accessible experiences and repositories that effectively guide that technology selection are still lacking.
Aim of technology domain analysis is to describe the class of context situations (e.g., kinds of JavaScript software projects) in which a software engineering technology JavaScript Training in Chennai can be applied successfully